Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di BEI Tahun 2022-2024
DOI:
https://doi.org/10.15294/ak.v2i1.326Keywords:
Corporate Social Responsibility (CSR), leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaanAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan. Penelitian difokuskan pada perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2022 sampai 2024. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya nilai perusahaan sebagai indikator yang sering digunakan oleh investor dalam pengambilan keputusan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data yang dikumpulkan dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel tersebut memberikan pengaruh yang berbeda-beda terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini memberikan kontribusi terutama dalam konteks sektor energi yang masih jarang dikaji secara khusus, serta memberikan gambaran kepada perusahaan dan investor mengenai pentingnya pengelolaan faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan.