Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Intervening
DOI:
https://doi.org/10.15294/ak.v2i1.337Keywords:
profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, Islamic Social Reporting, nilai perusahaanAbstract
Adapun tujuannya dari penelitian ini guna mengetahui sejauh mana profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan, maupunĀ leverage dapat mempengaruhi nilai perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai variabel intervening. Data penelitian terdiri dari 57 unit analisis yang diperoleh dari laporan tahunan maupun keberlanjutan 19 perusahaan yang konsisten terdaftar di Indeks Jakarta Islamic Index (JII) pada periode 2021 - 2023. Analisa dilakukan melalui statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis jalur, uji sobel, maupun pengujian terhadap efek langsung dan tidak langsung. Dari perolehan analisa ditemukan bahwasanya ROA mempunyai dampak negatif pada ISR, sementara leverage menunjukkan pengaruh positif dan ukuran perusahaan tidak memberikan dampak yang berarti terhadap ISR. Dalam hal nilai perusahaan, leverage mempunyai efek positif, sedangkan ukuran perusahaan dan ISR justru mempunyai konsekuensi negatif. Selain itu, ROA tidak memperlihatkan pengaruhnya secara langsung pada nilai perusahaan. ISR hanya menjadi kunci dalam hubungannya di antara leverage terhadap nilai perusahaan, tetapi tidak pada variabel lainnya. Temuan ini mengindikasikan bahwasanya ISR berpotensi memperkuat pengaruhnya leverage pada nilai perusahaan, meskipun perannya sebagai mediator belum tentu berlaku untuk semua variabel.