DUKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.1529/kp.v1i5.129Keywords:
dukungan sekolah; pelaksanaan layanan konseling; masa pandemi Covid 19Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui dukungan lembaga terhadap terlaksananya layanan bimbingan dan konseling. Pelayanan bimbingan dan konseling berbantuan teknologi informasi mengaruskan penguasaan pada sistem teknologi informasi dan memberikan tantangan terhadap konselor untuk menguasai perkembangan teknologi sekaligus menampilkan profesionalitas. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan secara online tidak dapat berjalan dengan semestinya tanpa dukungan dari lembaga. Penelitian ini menggunakan desain survei yaitu jenis cross-sectional dengan partsipan sebanyak 333 orang. Responden penelitian ini guru bimbingan dan konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kota Semarang berjumlah 333 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu deskriptif. Tingkat dukungan sekolah terhadap pelayanan konseling pada masa pandemi Covid-19 di SMK se Kota Semarang tergolong sedang dan dukungan sekolah sudah dilakukan tapi belum maksimal.