PENERAPAN PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT MELALUI STRATEGI KELAS KOLABORATIF DENGAN MITRA DI LUAR KAMPUS (Upaya Akselerasi Pencapaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU) Ke tujuh)
DOI:
https://doi.org/10.1529/kp.v9i1.315Keywords:
Case Method, Team Based Project, Kelas Kolaboratif.Abstract
Metode pembelajaran yang harus diterapkan saat ini mengacu pada Indikator Kinerja Utama (IKU) ke 7, persentase mata kuliah S1 dan diploma yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis project (teambased project) sebagai sebagian bobot evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Membuat Model Determinan Model Determinan Penerapan Pembelajaran Case Method Dan Team Based Projcet Melalui Strategi Kelas Kolaboratif Dengan Mitra Di Luar Kampus, 2) Menganalisis Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Model Determinan Penerapan Pembelajaran Case Method Dan Team Based Projcet Melalui Strategi Kelas Kolaboratif Dengan Mitra Di Luar Kampus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei. Penggunaan metode dan desain penelitian tersebut diimpementasikan dalam prosedur (langkah-langkah) penelitian. Dalam pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berbentuk kuesioner yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan diolah/dianalisis menggunakan statistik deskripsi dan inferensial dengan teknik analisis jalur (path analysis). Selanjutnya dilakukan pembahasan terhadap hasil analisis dibahas dan terakhir yaitu dibuat kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian : 1) Penggunaan Model Case Method di perguruan tinggi secara signifikan berhubungan dengan peningkatan kinerja utama perguruan tinggi, 2) Pelaksanaan Kelas Kolaborasi dengan Mitra memiliki korelasi positif dengan peningkatan kinerja utama perguruan tinggi, 3) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel penggunaan Model Team-Based Project terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, 4) Penggunaan Model Case Method secara signifikan berhubungan dengan pelaksanaan Kelas Kolaborasi dengan Mitra, 5) Penggunaan Model Team-Based Project juga berhubungan positif dengan pelaksanaan Kelas Kolaborasi dengan Mitra.