Tinjauan Literatur Sistematis Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan untuk Mendorong Transformasi Pembelajaran Digital
DOI:
https://doi.org/10.1529/kp.v9i1.435Keywords:
teknologi pendidikan, kecerdasan buatanAbstract
Pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam pendidikan terus berkembang seiring dengan laju transformasi digital yang semakin pesat di sektor pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis kecerdasan buatan dalam mendukung transformasi pembelajaran digital, serta untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Metodologi Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) yang mengikuti protokol PRISMA, dengan menganalisis 10 artikel jurnal yang diterbitkan antara 2020 hingga 2025, yang diperoleh dari Google Scholar dan Scopus. Temuan penelitian menunjukkan bahwa teknologi berbasis kecerdasan buatan, seperti: tutor virtual, chatbots, sistem pembelajaran adaptif, gamifikasi, serta VR dan AR, dapat menghadirkan pengalaman belajar yang lebih personal dan interaktif. Penerapan media pembelajaran kecerdasan buatan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan mempercepat pemahaman materi. Namun, penerapan teknologi ini menghadapi tantangan seperti: risiko privasi, terbatasnya infrastruktur dan minimnya keterampilan pada tenaga pendidik. Dengan demikian, dibutuhkan kebijakan jelas dan langkah strategis untuk mengatasi tantangan tersebut, seperti: peningkatan pelatihan tenaga pengajar, penyediaan infrastruktur digital, perlindungan data siswa, serta pengawasan penggunaan teknologi. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan pemahaman baru tentang potensi dan tantangan penggunaan kecerdasan buatan dalam pendidikan digital, serta mengidentifikasi kebutuhan strategis untuk implementasi yang lebih efektif.