Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Unilever

Authors

  • Elga Esatria Yolanda Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang
  • Anindya Ardiansari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.15294/msdm.v1i1.365

Keywords:

AI (Artificial Intelligence), rekrutmen dan seleksi karyawan, Unilever

Abstract

Perkembangan zaman yang cepat telah melahirkan teknologi-teknologi mutakhir, salah satunya adalah AI, berbagai kemudahan ditawarkan salah satunya untuk membantu proses rekrutmen dan seleksi karyawan dalam perusahaan seperti di perusahaan Unilever. Tujuan kajian adalah menelaah bagaimana pemanfaatan AI dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan di Unilever, serta juga meninjau tantangan dan peluang yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan cara menganalisis informasi atau data dari berbagai sumber seperti: jurnal, artikel, buku dan sumber literatur lainnya yang sudah ada dan relevan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa AI memberikan manfaat yang besar bagi Unilever, perusahaan berhasil menghemat biaya dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk proses perekrutan dan seleksi karyawan, namun masih menghadapi beberapa tantangan yang dihasilkan seperti: terkait bias algoritma, privasi dan keamanan data serta isu etika. Maka dari itu penting bagi perusahaan untuk melakukan pemeliharaan rutin dan update berkala untuk mencegah hal tersebut serta mempertahankan kualitas yang dihasilkan oleh AI. Kajian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi perusahaan lain yang akan menggunakan AI sebagai teknologi yang membantu proses rekrutmen dan seleksi karyawan mereka.

Downloads

Published

2025-07-27

Issue

Section

Articles